Snippet

Cara Mengatasi "Windows Explorer has stopped working"



Mungkin Anda pernah mengalami ketika membuka Windows Explorer dan membuka folder tertentu muncul pesan "Windows Explorer Has Stopped Working" seperti tampak pada gambar di atas. Tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas Anda ketika berinteraksi dengan komputer. Berikut akan saya tuliskan tips atau cara mengatasi jika muncul pesan " "Windows Explorer Has Stopped Working" (jawaban resmi dari Microsoft) dengan melakukan scanning pada windows untuk merepair corrupted files atau missing files.
Semoga bisa membantu :


  1. Buka Command Prompt, dengan cara :
    1. klik tombol Start - kemudian pilih Run - pada kotak textbox ketikkan cmd - kemudian klik tombol OK
    2. Atau dengan cara klik Tombol Start-kemudian pilih Program - Acessories - Command Prompt
  2. Pada command prompt, aktifkan cursor pada drive C. Pada umumnya ketika Anda buka Command Prompt, Anda akan aktif di C:\Documents and Settings\User\. Nah, untuk mengaktifkan ke Drive C, cukup ketik cd\ kemudian tekan enter
  3. Setelah aktif pada drive C, maka lanjutkan dengan mengetik sfc/scannow kemudian tekan enter. Perintah ini fungsinya untuk me-repair file System yang Missing atau Corrupt, proses scanningnya akan memakan waktu beberapa saat. Jika informasi dari Installasion CD diperlukan, maka masukkan CD Windows Installer. 
  4. Jika cara di atas tersebut belum berhasil,Anda ingat kembali pada saat Anda membuka folder apa sehingga pesan "Windows Explorer Has Stopping Worked" itu muncul?. Pada umumnya pesan tersebut muncul ketika Anda membuka file Video. Coba Anda Uninstal Video Codec yang pernah Anda instal ke komputer Anda misalnya K-Lite Codec dan sejenisnya. Jika K-Lite Codec masih Anda perlukan lagi,coba Instal K-Lite dari tempat dan versi yang beda dari sebelumnya. 
  5. Nah sekarang cek kembali Windows Explorer Anda, masihkah muncul pesan "Windows Has Stopped Working" pada saat Anda buka folder tertentu? Semoga Tidak Muncul lagi ya...Selamat Melanjutkan pekerjaan Anda, Semoga Tips Ini bisa membantu ;-)

Leave a Reply

Total Pageviews